Hidup rukun bersama tetangga adalah dambaan setiap keluarga. Hal ini dikarenakan, tetangga adalah orang terdekat yang bisa memberikan pertolongan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kehidupan sehari-hari.

Rukun tetangga yang hangat dan saling toleransi tentunya menambah kenyamanan hidup bermasyarakat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama-sama untuk mewujudkan rukun tetangga yang kompak.

Tak hanya kegiatan di dalam ruangan, ada banyak kegiatan outdoor seru yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keakraban rukun tetangga apalagi di bulan suci Ramadan kaloi ini. Nah, kegiatan apa saja ya yang bisa dilakukan? simak infonya sebagai berikut.

Kerja Bakti Membuat Taman

Kegiatan kerja bakti membuat taman bermain anak atau tanaman obat keluarga di lingkungan RT itu cukup seru, lho. Apalagi buat Anda yang hobi berkebun.

Sensasi mengolah tanah, menanam tanaman, serta menyirami tumbuhan ini juga bisa menghilangkan stress dan penat akibat pekerjaan kantor. Siapa tahu ada yang bertemu dengan jodohnya dengan aktif di kegiatan membuat taman RT.

Selain menambah asrinya lingkungan RT, taman yang hijau dengan TOGA juga dapat dimanfaatkan oleh warga. Mereka yang sedang sakit dan membutuhkan obat herbal, bisa mengambil langsung dari taman TOGA.

Mengundang Tetangga ke Rumah untuk Buka Puasa Bersama

Saat ramadan seperti ini, buka puasa bersama rukun tetangga bisa menjadi pilihan kegiatan outdoor yang seru. Anda bisa menyulap halaman balai RT atau RW menjadi area bakar-bakar atau i. Nikmati kerukunan menyiapkan makanan untuk buka bersama bersama warga RT.

Hal paling penting dalam kegiatan ini adalah sesuaikan kehadiran yang berbuka puasa dengan luasnya lahan yang tersedia. Ingat untuk selalu menjaga jarak, memakai masker, dan membawa hand sanitizer kemanapun.

Ada baiknya juga mereka yang hadir dalam acara buka puasa bersama ini juga membawa peralatan makan mereka sendiri. Bisa juga panitia buka bersama menyediakan area cuci tangan untuk menunjang kebersihan.

Nonton Layar Tancap Atau Pertandingan Olahraga di Luar Ruangan

Hal seru lainnya yang bisa dilakukan bersama rukun tetangga adalah nonton film ataupun pertandingan olahraga secara outdoor di malam hari setelah buka puasa. Contohnya, pertandingan sepak bola dan bulu tangkis. 

Siapkan saja proyektor dan layar tembak untuk kegiatan ini. Anda bisa menggunakan laptop untuk memutar film maupun pertandingan olahraga supaya lebih efisien. Ingat, cemilannya bisa bawa sendiri dari rumah supaya lebih hemat dan higienis.

Anda juga bisa menggunakan fitur polling di aplikasi RT pintar untuk mengetahui kegiatan outdoor mana yang paling cocok dilakukan bersama-sama di rukun tetangga Anda. Jadi, segera unduh aplikasi RT Pintar dari Google Play atau App Store untuk mengatur kegiatan RT yang seru ke depannya.

sumber gambar: Free-Photos from Pixabay

Author

Write A Comment