Zaman sekarang semuanya serba online, Penggunaan teknologi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Segala aktivitas warga Indonesia juga menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi, seperti mengurus dokumen kependudukan yang sekarang tidak perlu repot untuk mengurusnya secara offline melainkan bisa secara online.

Nah, untuk info lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai habis!

Dokumen kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Dinas yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil meliputi biodata, KK, KTP, surat kependudukan dan akta pencatatan sipil.

Warga dapat mengurus dokumen kependudukan secara offline atau langsung datang ke DISDUKCAPIL. Tetapi, kini warga dapat melakukan secara online juga lho dengan memanfaatkan Ojek Online (ojol) untuk mengantar dan mengirim dokumen kependudukan.

Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Selatan menggandeng provider Ojek Online (ojol) guna menggiatkan pelayanan dokumen kependudukan yang dibatasi saat pandemi Covid-19, melalui sistem drive thru.

Hal ini dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan membatasi aktivitas warga karena pandemi Covid-19.

Paket Akta Kelahiran, Kematian, KK, KTP-el, dan KIA

Layanan pembuatan dokumen Akta kelahiran, Akta kematian, KK, KTP-el, dan KIA yang dilayani melalui Sistem Kolektif Kelurahan (SILEHA), pendaftaran online website Disdukcapil (SIAK CAPIL ONLINE), program kerja sama dengan Bidan atau Rumah Sakit (SIHATI), antar berkas persyaratan dan antar dokumen jadi bisa melalui Ojek Online. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Khusus bagi pemohon yang antar persyaratan dengan Ojek Online harus di verifikasi dan validasi oleh OPERATOR KELURAHAN
  2. Setelah dinyatakan lengkap maka dokumen tersebut disegel
  3. Pemohon langsung dapat memesan Ojek Online melalui aplikasi di lokasi kelurahan dan nomor tanda bukti diserahkan pada operator kelurahan
  4. Penyelesaian dokumen maksimal 7 hari kerja
  5. Sedangkan melalui paket SILEHA/SIHATI maksimal penyelesaian paket seluruh dokumen 14 hari Kerja ( sesuai ketentuan dan kuota yang berlaku dan berkas sudah dinyatakan lengkap).

Dokumen harus lengkap agar bisa disegel dan dapat langsung memesan Ojek Online. Jangan lupa untuk menyerahkan nomor tanda bukti pada Operator Kelurahan. Kemudian, tunggu untuk penyelesaian dokumennya sesuai ketentuan.

Paket Pindah Keluar Seluruh Anggota Keluarga

Paket Pindah Keluar seluruh anggota keluarga adalah suatu layanan yang terintegrasi dimana masyarakat hanya satu kali mendaftar online yaitu online pindah keluar pada layanan pendaftaran online (SIAK CAPIL ONLINE). Kemudian, pemohon akan mendapatkan SKPWNI dan menyerahkan berkas persyaratan ( KK dan KTP el Asli ) ke dinas oleh pemohon ( Kepala Keluarga atau anggota keluarga dalam satu KK ) wajib hadir ke Disdukcapil .

Maksimal penyelesaian SKPWNI selesai dalam waktu 1 hari kerja atau Pengantaran berkas persyaratan melalui Ojek Online dengan bukti daftar sebagai segel amplop berkas persyaratan dan pengantaran dokumen yang sudah jadi harus melalui Ojek Online .

Maksimal penyelesaian paket seluruh dokumen 7 hari kerja ( sesuai ketentuan dan kuota yang berlaku dan berkas sudah dinyatakan lengkap).

Mudah bukan? untuk terkait dokumen yang belum lengkap, kalian bisa kok minta bantuan RT. Dan jangan lupa buat kalian yang belum punya aplikasi RT PINTAR silahkan download aplikasinya di RT PINTAR PLAY STORE atau RT PINTAR APP STORE!

Artikel ini dilanjukat ke bagian 2

Author

Write A Comment