Menanam tanaman obat di rumah sejak dulu selalu menjadi solusi mudah ketika kita membutuhkan herbal untuk mengobati sakit ringan di rumah. Kegiatan ini menjadi semakin populer di masa pandemi, di mana masyarakat mulai melirik tanaman herbal sebagai alternatif penguat imun.

Nah, kira-kira apa saja sih tanaman obat yang cocok bisa kita tanam di rumah? Cek daftarnya di bawah ini!

Lidah Buaya

Sejak dulu lidah buaya dikenal sebagai penumbuh rambut alami. Tapi tidak hanya itu saja lho, lidah buaya juga menjadi obat untuk luka lecet, sayatan, bahkan hingga luka bakar. Sehingga keberadaannya wajib ada di rumah sebagai obat darurat atau pertolongan pertama. 

Untuk menanam lidah buaya sangat mudah, cukup tanam di tanah tanpa pot atau dengan pot besar agar tanaman memiliki daging yang tebal dan tumbuh besar.

Jahe

Jahe menjadi minuman andalan di kala musim tidak menentu atau badan sedang merasa lelah. Tapi tahukah Anda kalau jahe juga kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah infeksi.

Untuk menanamnya, Anda hanya perlu memotong sebagian jahe, biarkan di kapas lembap atau tisu basah hingga tumbuh tunas. Jahe sudah siap ditanam.

Daun Kemangi

Selain lezat sebagai pendamping makanan, daun kemangi juga memiliki manfaat untuk tubuh. Tahukah Anda, kalau daun kemangi dapat membantu mencegah penuaan dini, mengatur tekanan darah, dan mencegah kesehatan mental? Ya, semua itu benar!

Untuk menanam daun kemangi, Anda dapat menanamnya dari benih yang dapat dibeli atau ditemukan pada tanaman yang sudah tua. 

Daun Sirih

Umumnya daun sirih digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta menjaga kebersihan alat reproduksi, khususnya wanita. Tapi manfaat daun sirih tidak hanya terbatas sampai di situ. Di beberapa daerah, daun sirih digunakan untuk mengobati batuk, mengontrol kolesterol, tekanan darah, hingga gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Daun sirih sendiri sangat mudah ditanam, yakni dengan mengambil bibit sirih dari tanaman yang berkualitas agar dapat tumbuh subur. Selain sebagai obat, tanaman ini juga sangat cantik untuk menghias rumah Anda.

Jeruk Nipis

Selain dapat dibuat menjadi minuman segar, jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C dan antioksidan. Selain itu jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghilangkan dehidrasi dan peradangan.

Untuk menanamnya, Anda dapat menanam dari biji atau melalui cara vegetasi agar lebih cepat tumbuh. Tanaman ini bisa ditempatkan di mana saja di halaman rumah anda.

Ketumbar

Salah satu bahan masakan ini ternyata memiliki segudang manfaat lho! Sebut saja khasiat menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, dan meredakan nyeri sendi. 

Menanam ketumbar di halaman rumah sangat mudah. Anda dapat menebar biji ketumbar dalam pot untuk ditanam di dalam maupun luar rumah. Tunggu hingga 2-3 minggu hingga biji ketumbar berkecambah.

Kunyit

Kunyit sering disarankan sebagai obat pertolongan pertama untuk meredakan sakit perut saat haid. Selain itu, tanaman bernama latin Curcuma longa Linn. ini juga memiliki segudang manfaat lain, seperti mengendalikan gula darah, mengobati peradangan, hingga mengobati maag. 

Cara menanam kunyit sama seperti jahe. Dapat ditanam di mana saja ketika sudah muncul tunas atau pun belum.

Kencur

Bahan jamu yang satu ini ternyata memang memiliki segudang manfaat yang tidak boleh diremehkan. Kencur bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres yang tentunya bermanfaat sekali meredakan stres saat pandemi seperti ini. Cara menanamnya pun tidak jauh berbeda dengan jahe dan kunyit.

Temulawak

Temulawak dikenal sangat bermanfaat untuk mengatasi anak yang sulit untuk makan karena kandungan minyak atsiri yang dapat meningkatkan nafsu makan. Namun selain itu, temulawak juga bisa membantu mengobati peradangan, menjaga kesehatan liver, hingga mengobati jerawat lho.

Cara menanam temulawak sama seperti jahe, kunyit, dan kencur, karena juga berbentuk umbi-umbian.

Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengatasi rematik, dan menurunkan gula darah. Selain itu, daun ini juga membantu meringankan rasa sakit saat menstruasi.

Cara menanam kumis kucing adalah dengan cara vegetatif atau setek berbatang dari tanaman normal, subur, dan sudah berkayu. Lalu tanam dalam pot, polybag, atau wadah lainnya. 

Tanaman daun kumis kucing juga bisa menjadi tanaman yang cocok menghias pekarangan rumah Anda.

Nah, itulah sepuluh tanaman obat yang bisa Anda coba tanam di rumah. Tanaman ini juga bisa ditanam di apartemen lho, karena tidak membutuhkan ruang yang besar. Manakah yang sudah Anda miliki? Tulis di kolom komentar ya!

Jangan lupa bagikan info penting ini ke warga lain dengan fitur Bagikan Informasi yang ada pada aplikasi RTPINTAR ya!

sumber gambar: Kari Shea from Pixabay

Author

Write A Comment