Diketahui Indonesia termasuk wilayah yang rawan dengan gempa bumi, atau juga banjir dan lainnya. Sepanjang tahun 2017 tercatat ada lebih dari 8.000 kasus gempa bumi, baik skala besar maupun kecil yang terjadi di Indonesia. Masyarakat Indonesia tentunya harus menyadari akan terjadinya kejadian fenomena bencana yang tidak terduga-duga, dan mulai untuk menyiagakan diri serta keluarga untuk menghadapi bencana alam. Bencana alam memang sulit untuk diprediksi sehingga wajib bagi kita masyarakat untuk selalu siaga jika bencana terjadi.

Salah satu hal yang harus disiapkan adalah dokumen-dokumen penting, baik yang pribadi maupun keluarga. Karena surat dan dokumen penting akan selalu menjadi bukti legalitas keberadaan kita sebagai warga negara yang mempunyai hak perdata kita yang diperoleh dari negara. Jangan sampai dokumen penting pribadi maupun keluarga hilang begitu saja akibat bencana yang tidak tau kapan terjadinya. Nah, apa saja sih dokumen penting yang harus kalian duplikasikan? Yuk, simak artikel ini sampai habis ya.

Menduplikasikan dokumen penting adalah salah satu hal yang harus dilakukan anda disaat siaga bencana. Cara menduplikasikan dokumen bisa dengan berbagai cara, seperti, anda dapat memfotocopy berkas penting untuk kemudian disimpan di dalam satu map. Kemudian, jika ingin yang lebih praktis anda dapat memindai semua dokumen penting dalam soft copy untuk kemudian disimpan di hard disk.

Untuk memindainya anda tidak perlu repot lho, anda bisa memanfaatkan aplikasi pemindai seperti CamScanner, ScannerApp, CamCard, dan lain sebagainya yang tersedia gratis di Google Play Store atau Apple App Store.

Dokumen Pribadi

  1. Akta kelahiran
  2. KTP
  3. STNK
  4. SIM
  5. Paspor
  6. BPKB
  7. Rapor
  8. Ijazah
  9. Buku rekening

Dokumen Keluarga

  1. Kartu keluarga
  2. Buku nikah
  3. Surat tanah atau rumah

Selain dokumen yang disebutkan diatas, anda juga harus menyiapkan kebutuhan pokok lainnya, seperti uang, pakaian secukupnya, makanan instan dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut bisa kamu kumpulkan dalam satu tas agar praktis dibawa saat proses penyelamatan diri ketika bencana terjadi.

Nah sekian nih informasi terkait Daftar Dokumen Penting yang Harus Di scan untuk Siaga Bencana semoga bermanfaat. Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment