Saat ini pilihan hunian tidak hanya jatuh pada rumah tapak, tetapi juga apartemen. Umumnya, orang yang memilih apartemen adalah orang yang ingin merasakan kepraktisan, kesederhanaan, dan kemudahan dalam melakukan perawatan tempat tinggal. Selain itu, tinggal di apartemen juga terkadang lebih memudahkan untuk menuju ke fasilitas umum, karena biasanya terletak di pusat kota.

Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan pindah ke apartemen, yakni aturan tentang hal yang boleh dan tak boleh dilakukan selama tinggal, karena hal ini akan terkait dengan kenyamanan seluruh penghuni, yang mana kita tinggal dalam satu bangunan yang sama. 

Nah, apa saja aturan-aturan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini!

Hal yang Boleh Dilakukan

Melakukan Inspeksi Terhadap Unit Sebelum Dihuni

Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap unit yang akan Anda tinggali. Jangan sampai ketika sudah pindah, Anda baru menemukan hal-hal yang membuat kenyamanan tinggal berkurang. 

Saat melakukan inspeksi, sebaiknya foto seluruh sudut dan bagian dalam ruangan untuk dokumentasi apabila ketika terjadi kerusakan saat Anda tinggal. Sehingga pemilik bangunan tidak bisa membebankan kerugian kepada Anda atas kerusakan yang tidak Anda lakukan.

Membersihkan Unit secara Rutin

Anda tentu ingin tinggal dengan nyaman bukan? Oleh karena itu, kegiatan bersih-bersih harus menjadi kewajiban yang rutin dilaksanakan untuk mencegah adanya bau tak sedap, debu, dan penyakit.

Membawa Cukup Barang yang Dibutuhkan

Karena luas apartemen umumnya tidak seperti rumah, sehingga Anda disarankan untuk hanya membawa barang-barang yang memang sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan selama tinggal.

Berkenalan dengan Tetangga

Tidak ada salahnya untuk berkenalan dengan tetangga yang tinggal satu lantai dengan Anda. Jika Anda sungkan untuk berkenalan dengan mengunjungi unit satu per satu, Anda dapat mengikuti organisasi pengurus apartemen atau penghuni apartemen yang pasti ada di setiap bangunan apartemen.

Mendekorasi Unit

Untuk membuat nyaman tinggal, Anda dapat mendekorasi unit sesuai dengan keinginan. Namun sebelum itu Anda wajib untuk meminta izin pada pemilik bangunan jika memang ada perubahan pada bangunan atau akan cukup mengganggu. Anda juga harus izin pada tetangga samping kanan, kiri, atas, dan bawah apabila proses dekorasi akan mengganggu kenyamanan mereka.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Menunggu Waktu Lama untuk Melaporkan Gangguan

Jangan sungkan untuk segera melapor ketika terjadi gangguan dalam unit atau bangunan, misalnya air bocor, listrik rusak, atau ada hama yang mengganggu. Sehingga gangguan dapat cepat dan mudah diatasi karena kerusakan masih kecil.

Melupakan Tabungan

Tinggal di apartemen mungkin cukup menguras keuangan Anda setiap bulannya, tetapi jangan lupa untuk tetap menabung. Hal ini guna mengantisipasi ketika anda kehilangan pekerjaan, tabungan tersebut dapat tetap menyelamatkan Anda untuk pembayaran tempat tinggal.

Tidak Bertanya Hal yang Belum Dipahami

Ada baiknya Anda bertanya di awal sebelum pindahan tentang apartemen yang akan ditinggali. Namun jika memang ada yang perlu ditanyakan kepada pemilik bangunan, silakan saja supaya nanti tidak ada kesalahpahaman.

Membeli Banyak Barang

Karena ruangan yang tersedia lebih kecil, membeli banyak barang mungkin akan membuat apartemen menjadi sesak dan tidak nyaman. Selain itu, Anda juga menjadi boros untuk pengeluaran tempat tinggal.

Melanggar Aturan di Dalam Gedung

Setiap apartemen biasanya memiliki aturan tersendiri yang harus dipatuhi oleh seluruh penghuni. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak melanggar apa pun yang dilarang di apartemen.

Mengganggu Kenyamanan Tetangga

Gangguan ini dapat berupa kebisingan atau lobi depan unit yang kotor sehingga mengganggu kenyamanan tetangga yang lain. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak membuat kegaduhan atau suara yang terlalu kencang, dan bersihkan unit secara rutin, termasuk lobi di depan unit. 

Itulah beberapa aturan tentang hal yang boleh dan tak boleh dilakukan selama tinggal di apartemen. Mana informasi yang baru Anda ketahui? Jangan lupa bagikan kepada warga lain menggunakan fitur Bagikan Informasi dalam aplikasi RTPINTAR! Anda juga akan dipermudah untuk berkenalan dengan warga baru menggunakan fitur Chat Antar Warga lho!

Yuk segera download RTPINTAR di Google Play Store atau App Store untuk kenyamanan tinggal di lingkungan baru!

sumber gambar: Free-Photos from Pixabay


Author

Write A Comment