Setiap keluarga pasti memiliki cara mengatur keuangan bagi rumah tangga masing-masing. Terlebih masa pandemi covid-19 seperti sekarang, setiap keluarga mesti pintar-pintar mengatur keuangan masing-masing dengan dana yang terbatas.

Fenomena gaji yang dipangkas saat pandemi serta susahnya mencari penghasilan tambahan adalah potret tahun 2020 dan perkiraan akan masih berlanjut di tahun 2021. Nah, supaya keuangan tetap stabil di tahun 2021, ikuti yuk empat cara mengatur keuangan bagi rumah tangga berikut ini.

Buatlah Rencana Belanja Bulanan

Kami tahu godaan sale dan cuci gudang di online shop dan marketplace itu sangat menggoda, namun terus menerus mengikuti keinginan belanja dapat membuat keuangan Anda porak poranda. Trik paling pas cara mengatur keuangan bagi rumah tangga supaya tetap stabil adalah membuat rencana belanja bulanan secara tertulis.

Pastikan Anda membelanjakan keuangan sesuai dengan daftar yang ditulis tersebut. Jangan sampai melebihi alokasi yang tersedia. Apabila ada sisa anggaran, ada baiknya ditabung sebagai dana darurat.

Jual Barang-barang yang Tidak Terpakai Secara Online

Pandemi membuat semua orang berhemat, salah satunya dengan membeli barang bekas pakai dengan kondisi bagus. Selain harganya cukup miring, membeli barang bekas pakai atau preloved juga salah satu kontribusi manusia dalam menjaga lingkungan, lho. Barang-barang bekas pakai ini membuat timbunan sampah semakin berkurang.

Nah, apabila Anda memiliki banyak benda-benda yang tidak terpakai dan masih dalam kondisi bagus, tidak ada salahnya apabila Anda melakukan cuci gudang alias menjual barang-barang tersebut secara online.

Selain menambah cuan dalam keuangan rumah tangga, rumah juga tentunya terlihat lebih rapi dan nyaman karena Anda sudah mengeluarkan barang-barang yang tidak terpakai.

Gunakan Kupon Diskon Saat Berbelanja

Banyak toko offline maupun online yang saat ini menyediakan kupon diskon saat berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari. Biasanya kupon diskon banyak ditawarkan saat awal bulan maupun akhir bulan, atau bahkan di hari-hari khusus seperti menyambut Natal dan Idul Fitri.

Jadi, tidak ada salahnya bukan Anda berbelanja menggunakan fasilitas kupon diskon tersebut. Toko-toko tertentu bahkan menambahkan lebih banyak diskon apabila Anda terdaftar sebagai member atau memiliki kartu pelanggan. 

Itu dia beberapa tips hebat cara mengatur keuangan bagi rumah tangga di tahun 2021. Nah, supaya pengeluaran untuk pembayaran iuran rt/rw/paguyuban/cluster/perumahan lebih sistematis dan tercatat, cobain deh pembayaran digital melalui aplikasi RTPintar.

Anda bisa membayar iuran hingga donasi kegiatan di lingkungan perumahan dengan cara transfer melalui virtual account ataupun menggunakan dana yang ada e-wallet Go-pay dan OVO. Gak ada lagi tuh istilahnya lupa catatan iuran untuk dimasukkan ke anggaran bulanan dengan aplikasi ini. Segera download aplikasi RTPintar di Play Store atau App Store, yuk!

sumber gambar: Shutterbug75 from Pixabay


Author

Write A Comment