Memiliki tetangga yang nyebelin adalah salah satu tantangan dalam kehidupan sosial di tingkat RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Pindah rumah mungkin bukan salah satu solusi terbaik dalam menghadapi tetangga nyebelin pada saat pandemi sekarang. Lantas bagaimana cara jitu menghadapi mereka?

Tenang, RT Pintar akan memberikan solusinya. Berikut adalah tiga trik jitu menghadapi tetangga nyebelin di tahun 2021. 

Jangan Terlalu Dekat Alias Jaga Jarak

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghadapi tetangga nyebelin adalah jaga jarak dengan mereka. Meminimalisir interaksi dengan mereka adalah upaya yang paling baik untuk menjaga tidak adanya celah bagi tetangga nyebelin untuk bersikap kurang baik terhadap Anda.

Kalau bertemu, sapa saja ala kadarnya. Tidak usah berbincang terlalu lama atau bahkan bergosip dengan tetangga tersebut. 

Biasanya tetangga nyebelin ini memang mencari celah dengan mengetahui kelemahan masing-masing tetangga untuk dijadikan celaan dengan tukang sayur, bahkan pergunjingan di kalangan tetangga.

Cuekin, Tapi Catat Baik-baik Hal-hal yang Dilakukan

Kalau Anda terlanjur digunjingkan oleh tetangga nyebelin, cuekin saja. Bersikaplah tidak peduli. Namun, catat baik-baik apa yang sudah dilakukan kepada Anda.

Anda bisa menggunakan notes di gawai untuk mencatat tanggal, hari, dan jam serta tindakan tidak menyenangkan yang sudah dilakukan oleh tetangga. 

Kalau memang tindakannya sudah keterlaluan, bisa juga Anda merekam kejadian tidak menyenangkan dan nyebelin tersebut di ponsel. Rekaman video maupun suara ini akan menjadi bukti telak yang tidak terbantahkan. 

Laporkan Kejadian Tidak Menyenangkan Kepada Pengurus Warga

Apabila hal-hal tidak menyenangkan ini terjadi berulang kali dan sangat meresahkan bagi Anda, tidak ada salahnya lho kalau dilaporkan kepada pengurus RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan.

Anda bisa menggunakan FITUR LAPOR yang ada di aplikasi RT Pintar sembari menyertakan informasi terkait kejadian. Rekaman video atau foto juga bisa disertakan dalam fitur lapor ini.

Ketua RT dan pengurus warga yang lain pun dapat segera memberikan solusi terhadap permasalahan yang Anda hadapi. Terlebih bukti yang diberikan juga sangat kuat. 

Nah, itulah beberapa trik jitu menghadapi tetangga nyebelin di tahun 2021 ini. Jangan mau terus-terusan menjadi korban oleh tetangga jahat dan nyebelin. Selama Anda posisinya di pihak yang benar, tidak ada alasan bagi Anda untuk takut pada tetangga jahat dan nyebelin. 

Selamat mencoba trik dari RTPintar dan jangan lupa segera download aplikasi ini di Google Play Store ataupun App Store di ponsel pintar Anda.

sumber gambar: Vera Arsic from Pexels

Author

Write A Comment