Tidak dapat dipungkiri kalau dampak pandemi sangat besar, terutama di bidang ekonomi. Beberapa contoh dampak ekonomi yang dirasakan banyak orang adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan bisnis yang akhirnya gulung tikar. Anda tentu pernah menjadi saksi orang-orang yang terkena dampak ini, sebagai contohnya tetangga sekitar rumah.

Kira-kira apa yang bisa kita lakukan untuk membantu tetangga yang kesulitan karena pandemi ini? Ada berbagai macam cara, beberapa di antaranya akan kami jabarkan pada artikel di bawah ini.

Memberikan Bahan Pangan

Sejak awal pandemi, dampak yang mulai ditimbulkan tidak main-main lho. Selain menyebabkan banyak korban penyakit berjatuhan, tidak terhitung lagi berapa orang yang mulai kesulitan memenuhi kebutuhan pokoknya, seperti makan. Oleh karena itu, bantuan kita sebagai tetangga yang baik, sangat diperlukan oleh mereka.

Apabila kita memang memiliki rezeki berlebih, tidak ada salahnya memberikan bantuan bahan pangan atau sembako untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka selama beberapa hari. Terutama jika mereka adalah keluarga yang harus menjalani karantina mandiri, sehingga tidak bisa bepergian untuk sekadar membeli kebutuhan pokok. 

Memberikan Makanan Siap Santap

Tidak ada salahnya juga kita memberikan makanan siap santap untuk tetangga yang membutuhkan. Anda bisa memasak dengan porsi yang lebih banyak, sehingga selebihnya dapat diberikan kepada tetangga.

Jika tidak sempat memasak, Anda dapat membeli masakan atau makanan siap santap untuk tetangga yang membutuhkan.

Membeli Barang yang Mereka Jual

Jika di sekitar tempat tinggal ada tetangga yang memiliki usaha atau bisnis, cobalah untuk membeli apa yang mereka jual. Hal ini dilakukan guna mendukung mereka agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Anda juga bisa membantu melakukan promosi barang dagangan tetangga di media sosial atau kepada warga lainnya melalui fitur Broadcast Informasi yang ada pada aplikasi RTPINTAR.

Melakukan Donasi

Jika memang Anda hanya memiliki sedikit yang bisa diberikan dalam bentuk uang tunai untuk membantu para tetangga sekitar, Anda dapat mengadakan diskusi dengan warga terkait dengan pembukaan donasi untuk tetangga yang membutuhkan. Sehingga diharapkan dengan cara ini, akan ada lebih banyak warga yang ikut berpartisipasi. 

Nah, di sinilah peran RTPINTAR. Tidak hanya untuk mengabarkan informasi, tetapi juga pengelolaan kas yang lebih transparan, sehingga warga lain dapat memantau bagaimana penggalangan dana berjalan. 

Menjaga Komunikasi dengan Mereka

Selama masa pandemi, komunikasi adalah hal yang penting. Oleh karena itu, kita juga dapat memberikan bantuan moral dengan cara berkomunikasi dengan tetangga yang sedang stres karena melalui masa sulit. Cara ini juga bisa menjauhkan kita dari stres dan depresi selama pandemi. 

Nah, itulah kira-kira lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu para tetangga di lingkungan tempat tinggal yang terdampak ekonominya karena pandemi. Mana yang sudah Anda lakukan? Atau adakah cara lain yang biasa Anda lakukan? Tulis di kolom komentar ya, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca.

Jangan lupa gunakan RTPINTAR untuk mempermudah komunikasi dengan para warga untuk membantu tetangga sekitar atau membuat transparansi dana guna disalurkan kepada warga yang terdampak pandemi. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download RTPINTAR di Google Play Store atau RT PINTAR App Store, dan rasakan kemudahan berkomunikasi dengan seluruh warga dalam satu aplikasi!

sumber gambar: Alexandra ❤️A life without animals is not worth living❤️ from Pixabay

Author

Write A Comment