Tetangga merupakan saudara terdekat kita yang ada di lingkungan perumahan. Bila kita mengalami masalah di sekitar rumah, tetangga lah yang paling cepat untuk diminta pertolongan karena sehari-hari kita selalu bertegur sapa. Namun, tetangga banyak macamnya, ada tetangga yang sangat baik, namun tak jarang juga ada tetangga yang menyebalkan.

Nah, sebagai warga negara dan tuan rumah yang baik, maka wajib bagi kita agar selalu menjaga perilaku dan ucapan jika ingin tetangga juga baik terhadap kita. Berikut ini hal-hal sepele yang sebaiknya Anda hindari jika tidak ingin memicu keributan dengan tetangga di sekitar rumah.

Membiarkan Sampah Berserakan di Depan Rumah

Meski kelihatannya sepele, sampah yang berserakan di depan rumah jangan didiamkan saja! Sampah yang didiamkan berhari-hari hingga berbulan-bulan selain mengganggu pemandangan juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika sudah begini, bukan hanya Anda saja yang merasakan dampaknya, tetapi juga tetangga.

Untuk itu, kesadaran akan memiliki tempat sampah di depan rumah pun mesti ditingkatkan. Selain membuat halaman rumah lebih rapi, juga memudahkan pengangkut sampah mengambil sampah Anda untuk dibuang ke TPS. Yuk, mulai rajin membersihkan sampah lebih bersih lagi.

Memarkir Mobil di Depan Rumah Tetangga

Masih banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil tidak disertai dengan lahan parkir di rumahnya, tak jarang mobil akhirnya diparkirkan di jalanan umum dan mengganggu lalu lintas di jalanan perumahan tersebut. Jangan sampai Anda menjadi salah satu orang yang suka memarkir mobil di depan rumah tetangga ya! Selain mengganggu pemilik rumah, jika jalanan di sekitar perumahan Anda sempit, orang atau kendaraan lain yang harusnya bisa melintas jadi terhambat karena sebagian badan jalan tertutup oleh mobil Anda. Memarkirkan mobil sembarangan bisa dibawa ke jalur hukum dan dikenakan denda lho!

Selalu Berisik

Rukun tetangga artinya saling menghormati satu sama lain, begitu juga privasi tetangga Anda. Mungkin Anda tidak masalah jika mendengar suara yang bising sehari-hari. Anda hobi mendengarkan musik dangdut dengan speaker dan tak tanggung0tanggung dengan volume yang sangat kencang. Memang tidak salah memiliki hobi demikian, namun jangan sampai hal sepele ini mengganggu tetangga Anda ya, apalagi jika tetangga memiliki bayi yang butuh ketenangan. Sikap saling empati diperlukan agar tetangga pun merasa nyaman memiliki tetangga seperti Anda.

Nah, itu dia lima hal yang mungkin bagi kita sepele namun tidak bagi orang lain, apalagi tetangga. Penting kiranya agar selalu memperhatikan apa yang kita lakukan di lingkungan sehari-hari. Jika Anda merasa berbuat salah kepada tetangga segeralah minta maaf agar kerukunan antar tetangga dapat tercipta dengan baik. Tinggal di rumah lebih nyaman dan tenang jika akur dengan tetangga, bukan?

Punya pengalaman menarik seputar tetangga? Yuk bagikan di kolom komentar!

Pakai aplikasi RT PINTAR sekarang! Demi kemudahan administrasi kepnegurusan RT/RW/CLUSTER/PAGUYUBAN yang lebih mudah dan canggih. Cukup lakukan semua urusan administrasi melalui handlphone Anda! Tersedia di Google Play Store dsn App Store untuk iPhone!

sumber gambar: Pablo de Haro from Pexels

Author

Write A Comment