Dalam sebuah lingkungan tempat tinggal, untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan, pasti kita akan menemukan satuan penjaga keamanan, baik Satpam maupun Hansip (Organisasi Pertahanan Sipil) atau yang kini dikenal dengan sebutan Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat).

Meskipun secara umum Satpam dan Satlinmas sama-sama memiliki tugas untuk memberikan perlindungan dan keamanan, tetapi keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup terlihat lho. Apa saja ya? Simak perbedaannya di bawah ini!

Pembentukan Satuan

Saat ini anggota Satpam lebih banyak dicetak oleh pihak swasta yang pendiriannya tetap harus disahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Bahkan untuk menjadi anggota Satpam yang profesional juga ada sekolah khusus untuk pelatihannya.

Sedangkan anggota Satlinmas umumnya dari masyarakat yang tinggal di sekitar desa atau kelurahan yang sukarela melakukan kegiatan pengamanan. Namun pengangkatannya harus memenuhi syarat terlebih dahulu, yang kemudian ditetapkan dengan Keputusan Bupati/Wali Kota yang ditandatangani oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten/Kota. 

Peranan Satuan

Umumnya Satpam melakukan pengamanan di tempat-tempat bisnis atau infrastruktur publik. Namun saat ini, Satpam juga bekerja di lingkungan perumahan yang membutuhkan perlindungan keamanan yang lebih ketat. 

Berbeda dengan Satlinmas yang memiliki wilayah kerja lebih terbatas, yakni lingkungan desa atau kelurahan. 

Upah yang Diterima

Untuk upah Satpam biasanya diberikan oleh perusahaan di mana ia bekerja atau perusahaan yang menyalurkan (outsourcing), dengan minimal gaji sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR).

Sedangkan untuk anggota Satlinmas, biasanya gaji disalurkan dari dana desa atau kelurahan di mana ia bekerja. Jumlahnya pun biasanya sudah ditentukan oleh pemerintahan setempat.

Seragam

Seragam untuk anggota Satpam saat ini terdiri dari lima jenis, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL) Khusus, Pakaian Dinas Lapangan (PDL) Satu, Pakaian Sipil Harian, dan Pakaian Sipil Lengkap. Jadi, tidak hanya seragam biru putih yang biasa kita lihat.

Sedangkan anggota Satlinmas hanya memiliki satu jenis seragam, yakni Pakaian Dinas Lapangan (PDL) berwarna hijau dengan atribut lengkap.

Akses Senjata

Biasanya anggota Satlinmas hanya diberikan akses senjata berupa pentung. Sedangkan anggota Satpam biasanya dipersenjatai dengan pentung, borgol, dan perisai mengingat tugasnya yang sedikit lebih berat daripada anggota Satlinmas. Bahkan terkadang anggota Satpam juga diberikan akses untuk menggunakan senjata api bahu dan senjata api genggam, yang tentu saja harus mendapatkan izin dari kepolisian terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga objek vital, seperti Bank, kantor bendahara, dan tempat-tempat sejenis.

Nah, itulah lima perbedaan antara Satpam dan Satlinmas. Mana satuan pengamanan yang ada di lingkungan rumah Anda? Tulis di kolom komentar ya!

Jangan lupa bagikan informasi penting ini kepada warga yang lain dengan menggunakan aplikasi RTPINTAR! Siapa tahu bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menambah personel satuan keamanan di perumahan Anda.

Anda juga bisa menggunakan fitur Buat Polling yang ada di aplikasi RTPINTAR untuk memutuskan pilihan yang tepat antara Satpam atau Satlinmas bersama dengan warga lainnya. Fitur ini sangat berguna untuk bermusyawarah dengan masyarakat sekitar tempat tinggal, khususnya di masa pandemi seperti saat ini, yang melarang kita untuk berkumpul. 

Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Segera download RTPINTAR di Google Play Store atau App Store, dan rasakan kemudahan berkomunikasi dengan seluruh warga dalam satu wadah!

sumber gambar: https://www.imapeg.com/the-best-guide-for-hiring-a-security-guard-services/

Author

Write A Comment