Hore rumah baru! Anda tentunya senang sekali ya akhirnya bisa pindah ke rumah yang diinginkan setelah sekian lama. Tapi masih ada yang perlu dilakukan nih di awal pindahan supaya rumah baru dapat ditinggali dengan nyaman. 

Kira-kira apa saja sih yang perlu kita lakukan di awal pindahan? Simak poin-poinnya di bawah ini yuk!

Cek Aspek Penunjang Kehidupan di Rumah

Aspek ini adalah yang wajib pertama kali diperiksa saat awal pindahan, karena sangat berkaitan langsung dengan kegiatan di dalam rumah. Apalagi hal ini akan berlangsung lama. 

Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperiksa berikut dengan waktu pemeriksaan: 

Setiap Bulan:

  • Kebersihan pipa saluran aiR
  • Kebersihan parit
  • Kebersihan tempat sampah
  • Kebersihan alat pendingin ruangan (AC, kipas angin, dan sebagainya)

Setiap Enam Bulan:

  • Membersihkan seluruh rumah dengan teliti
  • Cek sistem penyaringan air
  • Menyalakan air pada keran yang jarang dipakai
  • Tes detektor karbon monoksida dan asap

Setiap Tahun

  • Jadwal untuk inspeksi rayap
  • Cek plester semen dan kebocoran di kamar mandi dan dapur
  • Kebersihan serambi rumah
  • Cek saluran air di luar rumah
  • Inspeksi pipa air
  • Inspeksi atap dan bagian luar rumah
  • Perbaikan saluran pendingin rumah
  • Kebersihan parit

Mengganti Kunci

Ada baiknya Anda mengganti kunci bawaan dari rumah baru supaya lebih aman, terutama gembok pagar. Akan lebih baik jika Anda menginstal perangkat keamanan tambahan, seperti CCTV, alarm anti maling, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu sedia kunci cadangan.

Mengganti Alat Penyaring Udara

Jika Anda merasa alat pendingin udara mulai tidak bekerja dengan baik, namun listrik yang digunakan tetap besar, sebaiknya ganti alat penyaring udara atau komponen-komponen tertentu yang menyebabkan masalah.

Mengetahui Letak Sekring dan Saklar untuk Air

Penting sekali untuk mengetahui letak dua alat ini untuk memudahkan Anda mematikan listrik dan air ketika terjadi kondisi darurat, seperti saat Anda ingin membetulkan hal yang berkaitan dengan listrik atau sistem air di rumah.

Memeriksa Kebocoran

Cek kebocoran keran atau pipa saluran air di sekeliling rumah dengan segera, sebelum hal yang lebih buruk terjadi, yang mana akan menghabiskan biaya banyak.

Menginstal Alat Pelindung dari Kebakaran

Untuk melindungi rumah dari ancaman kebakaran, ada baiknya Anda menginstal detektor asap dan api. Sehingga ketika muncul potensi kebakaran di rumah, dapat segera ditangani.

Berkunjung ke Tetangga

Saat kita membutuhkan pertolongan, yang paling mudah dihubungi adalah tetangga, sehingga penting untuk bersosialisasi dengan sekitar. Nah, agar dapat mengenal tetangga dengan baik di lingkungan rumah yang baru, Anda bisa berkunjung ke rumah tetangga untuk berkenalan ketika awal pindahan dan membawa sedikit buah tangan untuk mereka.

Berkeliling di Sekitar Lingkungan Rumah

Setelah pindah, tidak ada salahnya Anda berjalan-jalan atau berkendara di sekitar lingkungan rumah untuk mengetahui di mana saja fasilitas sosial dan umum yang terdekat, restoran, dan sebagainya.

Mengadakan Syukuran

Syukuran di sini tidak harus besar-besaran, Anda tetap dapat mengadakannya meskipun secara sederhana, seperti memberikan bingkisan ke tetangga sekitar atau sekadar mengadakan pengajian di rumah untuk yang muslim. 

Syukuran ini sebagai alternatif apabila Anda tidak sempat berkunjung ke tetangga dari satu rumah ke rumah lainnya.

Nah, itulah sembilan hal yang sebaiknya Anda lakukan ketika awal pindahan. Sebaiknya seluruh tips tersebut Anda lakukan untuk mendapatkan kenyamanan hidup di rumah yang baru. 

Masih kesulitan untuk mengenal tetangga? Gunakan saja fitur “Chat antar Warga” yang ada pada aplikasi RTPINTAR. Dengan cara ini Anda dapat mengenal seluruh tetangga atau mengenalkan diri sebagai warga baru tanpa kesulitan.

Tunggu apa lagi? Segera download RTPINTAR di Google Play Store atau App Store untuk kenyamanan hidup di lingkungan rumah baru!

Image by Tumisu from Pixabay

Author

Write A Comment