Keamanan rumah selalu menjadi hal utama yang selalu membuat kita was-was ketika akan ditinggal bepergian. Terkadang kegiatan double check keamanan rumah perlu dilakukan untuk memastikan apakah rumah sudah benar-benar aman untuk kita tinggal. 

Nah, ada cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan rumah aman selama kita bepergian. Apa saja ya caranya? Simak dengan saksama pembahasan di bawah ini!

Mengunci Rumah

Kunci rumah Anda meskipun hanya ditinggal sebentar. Ada pepatah mengatakan, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena adanya kesempatan. Jadi, kuncilah seluruh pintu dan jendela rumah sebelum bepergian. Jangan memberikan kesempatan pencuri untuk masuk melalui celah-celahnya.  

Menggunakan CCTV

Jika kamu ada rezeki berlebih, Anda bisa melengkapi rumah dengan CCTV untuk melihat siapa saja yang masuk dan keluar rumah. 

Anda juga bisa menambah sistem keamanan rumah dengan alarm anti maling supaya lebih aman. Usahakan seluruh kabel yang tersambung pada alat-alat keamanan tersebut tidak terekspos agar tidak dipotong oleh pencuri.

Menitipkan Rumah pada Orang yang Tepercaya

Anda dapat meminta tolong kepada tetangga atau teman untuk membantu mengawasi rumah ketika sedang ditinggal. Sampaikan kepada mereka untuk mengecek keadaan rumah serta mematikan dan menyalakan lampu rumah setiap hari.

Menitipkan Pesan pada Security

Jika di lingkungan rumah Anda terdapat penjagaan security, Anda bisa menitipkan pesan pada mereka bahwa rumah akan ditinggal selama waktu yang sudah ditentukan. 

Apabila Anda hendak meninggalkan rumah selama beberapa hari, Anda dapat meminta tolong pada mereka untuk mengecek keadaan rumah setiap hari.

Membiarkan Tirai Rumah Apa Adanya

Biarkan tirai rumah sebagaimana adanya seperti saat Anda sedang berada di rumah. Perubahan sedikit terhadap kebiasaan Anda akan memberikan pengumuman pada pencuri jika pemilik rumah sedang tidak ada di tempat.

Menaruh Kunci di Tempat yang Aman

Titipkan kunci rumah pada tetangga/teman/simpan di tempat yang tidak umum dan hanya Anda saja yang tahu.

Cabut Kabel dan Regulator Gas

Jangan lupa cabut semua kabel yang terpasang di rumah serta regulator gas sebelum bepergian untuk menghindari korsleting listrik dan kebocoran tabung gas.

Merapikan Taman

Tata dan rapikan taman rumah Anda sedemikian rupa agar tanaman tidak menutupi rumah, yang mana akan menjadi keuntungan bagi pencuri untuk mengendap-endap.  

Jangan Sembarangan Membagi Informasi

Jangan pernah menulis alamat lengkapmu di internet atau media massa dan mengumumkan bahwa kamu akan pergi beberapa hari, entah untuk acara pernikahan, acara keluarga, dan sebagainya. Sebab, kita tidak pernah tahu siapa saja yang membaca, bisa jadi orang tidak bertanggung jawab yang telah mengincar rumah Anda.

Nah itu dia, berbagai tips agar lebih aman saat meninggalkan rumah, selalu cek dan ricek lagi sebelum pergi meninggalkan rumah apalagi jika meninggalkannya dalam jangka waktu yang lama.

Agar bisa bersosialisai dengan warga di sekitar lingkungan rumah Anda, jangan lupa download aplikasi RT PINTAR di RT PINTAR Google Play Store dan RT PINTAR App Store ya!

sumber gambar: TheDigitalWay from Pixabay

Author

Write A Comment