Kartu Keluarga merupakan dokumen penting yang harus dimiliki penduduk Indonesia, terutama yang sudah berkeluarga. Kartu keluarga juga merupakan kartu identitas bagi sebuah keluarga yang memuat data penting, seperti nama, susunan anggota keluarga, hubungan, dan informasi penting lainnya. Kartu Keluarga pastinya memiliki peran penting dalam pendataan keluarga.

Namun, selain menjadi dokumen penting bagi warga yang telah berkeluarga, Kartu keluarga juga berfungsi sebagai identitas pelengkap KTP yang sering digunakan dalam persyaratan administratif seperti pendaftaran BPJS, pendaftaran sekolah, sebagai dokumen pelengkap dalam pengajuan syarat bantuan kependudukan dan mempermudah validasi kecocokan dengan dokumen kependudukan.

Memiliki Kartu Keluarga (KK) identik bagi setiap warga di Indonesia terutama yang telah berstatus menikah. Namun, bagaimana jika warga belum menikah (lajang) ingin membuat KK? Yuk simak informasinya sampai habis!.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Prof Zudan Arif Fakhrulloh menjelaskan terkait kartu keluarga berisi satu orang atau satu nama.

Bagi warga yang belum menikah (lajang) dapat membuat kartu keluarga sendiri, hal tersebut biasa disebut dengan pecah KK. Karena, untuk dapat pecah KK warga tidak harus menunggu menikah ataupun memiliki pasangan. Maka, seseorang yang telah dewasa dapat memiliki kartu keluarga sendiri lho. Begitupun baik yang masih tinggal serumah dengan orang tua maupun yang tidak lagi tinggal dengan orang tua. Mengapa? Karena dalam sistem administrasi kependudukan (adminduk) di Indonesia, kartu keluarga boleh hanya berisi satu orang dengan syarat orang yang hendak membuat KK tersebut sudah dewasa.

Nah sekian nih informasi terkait Belum Menikah Ingin Membuat Kartu Keluarga Sendiri. Semoga infomarsi yang disampaikan bermanfaat. Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untukn memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment