Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdiri dari 16 nomor yang memiliki fungsi untuk menelusuri atau mengetahui identitas seorang penduduk yang tinggal di Indonesia. Fungsi lainnya NIK ini biasanya diperlukan untuk kegiatan yang memerlukan identitas sebagai bagian validasi data dan berkaitan dengan administrasi, misalnya membuka rekening tabungan, mendaftar pekerjaan, keperluan menikah, dan masih banyak lagi.

Namun pernahkah Anda mengecek bahwa NIK yang Anda miliki sekarang ini valid atau tidak? Jika penasaran, ada sejumlah cara untuk mengecek kebenaran NIK yang Anda punya, salah satunya dengan cara online atau daring. Bagaimana caranya? Simak cek NIK online berikut ini.

Cara Cek NIK Online Melalui WhatsApp

Cek NIK Online yang pertama bisa dengan cara memanfaatkan WhatsApp. WhatsApp adalah salah satu aplikasi messenger yang cukup banyak penggunanya di Indonesia. Nah kini, tidak hanya bisa digunakan untuk komunikasi dengan teman atau kerabat, Anda juga bisa melakukan pengecekan NIK dengan WhatsApp.

Caranya, mengirimkan pesan ke nomor DUKCAPIL di 0813-2691-2479 dengan format pesan: nama lengkap sesuai KTP, NIK, nama kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Setelah mengirim pesan, beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan balasan sesuai dengan format permohonan.

Cek NIK Online Melalui Sosial Media

Pilihan alternatif lainnya yang bisa dimanfaatkan yakni dengan menggunakan sosial media Facebook dan Twitter dengan menghubungi DUKCAPIL melalui DM/Inbox. Untuk sosial media Facebook Anda bisa mengunjungi halaman resmi fanspage Halo Dukcapil dan Twitter di @ccdukcapil. Silakan mengirim pesan dengan format  #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan/pesan untuk mengecek validasi NIK Anda.

Cek Keaslian NIK Melalui E-mail

Cara yang ketiga bisa juga dengan mengirim e-mail lho! Anda bisa mengirim e-mail yang berisikan format pesan #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan/pesan yang kemudian perlu dikirim ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Anda akan mendapatkan balasan dari DISDUKCAPIL mengenai permohonan tersebut paling cepat 1×24 jam.

Cek Langsung Melaluiu Situs Resmi DUKCAPIL

Cara cek NIK online yang selanjutnya adalah bisa langsung dengan mengunjungi situs resmi pemerintahan alias situs DISDUKCAPIL untuk mengetahui kebenaran NIK milik Anda. Contohnya jika Anda adalah seorang warga Jogja, maka Anda bisa mengunjungi situs https://kependudukan.jogjaprov.go.id/nik.hack kemudian masukkan 16 nomor NIK Anda, kemudian klik bbutton Cari. Tak berapa lama akan muncul data NIK Anda di website tersebut.

Cek NIK Melalui Call Center DUKCAPIL

Terakhir, bukan secara online menggunakan internet, namun dengan cara menelepon langsung ke Call Center Halo Dukcapil di nomor 1500-537 Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Ketika Anda terhubung dengan petugas yang mengangkat telepon, Anda akan ditanayi nomor NIK yang ingin dicek dan nomor Kartu Keluarga (KK) untuk membantu petugas mencari data Anda dengan lebih cepat.

Sekian mengenai tips untuk mengecek NIK secara online dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia. Banyaknya pilihan untuk cek NIK online bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Buat Anda yang punya berita atau artikel menarik, bisa lho tulis informasi tersebut di aplikasi RT Pintar di bagian berbagi informasi. Informasi yang Anda tulis di aplikasi akan bisa terbaca langsung oleh warga yang telah terdaftar dan memiliki aplikasi RT Pintar yang satu lingkungan dengan Anda. Yuk download aplikasi RT Pintar sekarang di Play Store dan App Store!

Author

Write A Comment