Akta kelahiran adalah bentuk identitas setiap anak yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari hak sipil warga negara. Akta kelahiran juga merupakan bukti sah status dan peristiwa kelahiran seseorang yang dikeluarkan oleh instansi pelaksana. Dengan dilaporkannya peristiwa kelahiran kepada instansi pelaksana, maka seorang anak akan terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK) dan mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan publik. Kesalahan pada dokumen pendudukan bisa saja terjadi, salah satunya Akta Kelahiran. Kesalahan yang terdapat pada akta kelahiran tersebut tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengapa? Karena akta kelahiran nantinya akan dijadikan sebagai salah satu dokumen rujukan untuk membuat dokumen lainnya.

Jenis kelamin merupakan salah satu data yang penting dan wajib ada dalam dokumen kependudukan. Baik itu dalam akta kelahiran, kartu keluarga, dan e-KTP. Namun, bagaimana jika terdapat kesalahan penulisan jenis kelamin di dokumen pendudukan? Gak perlu khawatir, kesalahan tersebut dapat diperbaiki kok. Simak artikel ini sampai habis ya!.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kesalahan pada dokumen kependudukan dapat diperbaiki dan dilakukan di kantor Dukcapil. Jika jenis kelamin salah silahkan datang ke dinas Dukcapil untuk melakukan pembetulan. Lantas kantor Dukcapil mana yang dapat kita datangi apabila kita telah pindah tempat tinggal dari tempat asal kita membentuk akta kelahiran? Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, di dalam UU Administrasi Kependudukan dikenal asas domisili. Domisili artinya sesuai dengan alamat di KTP atau kartu keluarga sekarang. Jadi untuk membetulkannya tersebut di tempat tinggal yang sekarang, bukan di tempat tinggal dulu.

Nah, Sekian informasi terkait Cara Memperbaiki Gender pada Akta Kelahiran 2022. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment