Pandemi virus corona telah membuat manusia semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan rumah serta diri sendiri agar terhindar dari penyakit yang menyerang sistem pernafasan tersebut. Bagaimana tidak, virus yang belum ditemukan obatnya ini telah menginfeksi jutaan manusia dan mengakibatkan kematian ribuan orang. 

Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk menjaga kebersihan rumah supaya terhindar dari virus corona di tahun 2021? Yuk, simak beberapa tips dari RTPintar berikut ini.

Bersihkan Permukaan Barang-Barang Menggunakan Desinfektan

Aturan pertama yang harus dipahami dengan hadirnya virus corona ini adalah sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun. Kedua, bersihkan permukaan barang-barang yang sering kita sentuh menggunakan alkohol atau cairan desinfektan lainnya. Semprot permukaan barang dengan cairan desinfektan, kemudian lap dengan tisu atau kain bersih. 

Contoh benda-benda yang sering disentuh adalah layar HP serta komputer, gagang pintu, saklar lampu, serta permukaan meja. Demi kepraktisan, Anda juga bisa menggunakan tisu desinfektan yang banyak dijual di toko untuk menyeka barang-barang ini, terlebih saat dalam perjalanan.

Segera Cuci Pakaian dan Perlengkapan Setelah Keluar Rumah

Virus corona bisa menempel dimana saja, oleh karena itu setelah bepergian dari luar rumah, segera masukkan pakaian yang telah dipakai ke mesin cuci atau bak pencuci pakaian yang sudah berisi air detergen. Rendam hingga beberapa saat, kurang lebih 10-30 menit sebelum mencuci pakaian tersebut. 

Setelah mencuci tangan, segera semprotkan disinfektan kepada perlengkapan yang tadi Anda bawa bepergian. Misalnya keranjang belanja, dompet, sepatu, ataupun jam tangan. Lanjutkan dengan kegiatan mandi menggunakan sabun, supaya kuman-kuman dan virus benar-benar mati. 

Pel Lantai Setiap Hari

Nah, salah satu cara untuk menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari virus corona di tahun 2021selanjutnya bisa dengan rajin menyapu dan mengepel lantai. Usahakan mengepel lantai menggunakan cairan desinfektan setiap hari. Anda juga bisa menggunakan air sabun sewaktu mengepel lantai.

Buat sebagian orang mengepel lantai setiap hari terkesan cukup berat. Namun, yakinlah mencegah penyakit dengan menjaga kesehatan itu lebih berharga ketimbang mengobati saat sakit.

Anda juga bisa lho membagikan tips menjaga kebersihan rumah selama pandemi virus corona dari RTPintar ini ke RT/RW/paguyuban/cluster/perumahan sekitar. Caranya gampang sekali, Anda tinggal menggunakan fitur berbagi informasi yang disematkan di aplikasi RTPintar. 

Fitur ini bisa membuat sesama warga berbagi informasi menggunakan teks maupun gambar demi kepentingan bersama. Sangat mudah, bukan?

Itu dia 3 cara menjaga kebersihan rumah 2021 yang bisa Anda terapkan selama pandemi berlangsung. Segera download aplikasi RT Pintar di Google Play Store ataupun App Store supaya tidak ketinggalan informasi penting di sekitar Anda.

sumber gambar: Squirrel_photos from Pixabay

Author

Write A Comment