Di era digital saat ini banyak terjadi kejahatan yang memanfaatkan data pribadi maka dari itu data pribadi perlu dilindungi. Namun, banyak masyarakat yang masih belum memahami bahwa data pribadi rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pelindungan data pribadi dapat dimulai dari diri kita sendiri. Seperti pada aplikasi media sosial yang sudah banyak menyediakan fitur verifikasi. Tidak menutup kemungkinan pada saat proses mencari kerja juga seringkali ada pihak yang meminta kita untuk mengirimkan berkas data pribadi hingga file kependudukan. Nah, maka dari itu perlu kita waspada untuk tidak asal menyebar atau mengirimkan berkas berupa data pribadi hingga file kependudukan. Melansir dari Indonesiabaik.id modus itu bisa memungkinkan indikasi sebagai berikut.

  • Penyalahgunaan data
  • Penjualan data NIK KTP
  • Penyalahgunaan pinjol

Penyebaran data pribadi di manapun tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh para penipu, tetapi juga membahayakan kita di dunia nyata. Data tersebut dapat meliputi: foto ktp, foto selfi dengan ktp, foto npwp, foto kartu keluarga, foto akta kelahiran, dan foto dokumen lainnya.

Nah, Sekian informasi terkait Jangan Asal Sebar Berkas. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment