RTPINTAR – Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan data induk yang berisi nama-nama masyarakat yang wajib memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial, menerima bantuan, juga potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang diperentukkan kepada keluarga miskin dan rentan diseluruh Indonesia. DTKS digunakan oleh pemerintah untuk menentukan penerima berbagai program bansos diantaranya Bantuan Langsung Tunai (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Lantas, bagaimana cara daftar DTKS secara online? Yuk simak artikelnya sampai habis!.

Cara Daftar DTKS Secara Online

  1. Mengunduh Aplikasi Cek Bansos Kemensos
  2. Buka aplikasi dan klik “Buat Akun Baru”
  3. Mengisi data diri seperti Nomor Kartu Keluarga, NIK, dan nama lengkap sesuai dengan data diri pada Kartu Keluarga dan KTP
  4. Mengunggah foto KTP dan foto swafoto dengan memegang KTP
  5. Klik “ Buat Akun Baru” setelah mengisi dan mengunggah data
  6. Kemudian, verifikasi dan aktivasi akun akan dikirim melalui email dari Kemensos
  7. Setelah berhasil, akses kembali aplikasi dan klik “Daftar Usulan”
  8. Memilih Jenis bantuan sosial yang ingin diajukan
  9. Kemensos akan memproses verifikasi dan validasi data yang diajukan.

Nah sekian nih informasi terkait Cara Daftar DTKS Secara Online. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment