Sepertinya kita sudah tidak terkejut lagi dengan fakta kalau di setiap perumahan pasti terdapat tetangga yang suka bergosip. Pasti tetangga seperti ini membuat kita tidak nyaman ya, apalagi kalau ia juga turut membicarakan kita. 

Tetangga seperti memang akan membuat Anda ribet dan serba salah tinggal di lingkungan rumah sendiri, karena jika didiamkan ia akan semakin menjadi, tapi jika kita ajak bergaul, juga bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri apabila mereka membicarakan di belakang.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab tetangga seperti ini bisa diatasi lho dengan cara yang paling sederhana dan mudah. Seperti apa? Simak pada pembahasan di bawah ini!

Jangan Melibatkan Diri Dalam Gosip Tetangga

Cara yang paling sederhana pertama untuk mengatasi tetangga yang suka bergosip adalah jangan pernah terlibat. Terlibat yang dimaksud di sini adalah ikut bergosip atau melakukan konfrontasi dalam bentuk apa pun. Sebab, tetangga seperti ini biasanya sangat senang untuk memutarbalikkan fakta, dan jika suatu saat Anda sedang tidak ikut berkumpul bersamanya, ia akan membicarakan Anda dengan orang lain. Anda tentu tak ingin mendengar hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi, bukan?

Jaga Jarak dengan Tetangga Penggosip

Sudah tahu tetangga suka bergosip, cara yang paling aman adalah dengan menjaga jarak dengan mereka. Bukan berarti Anda bersikap sombong atau pura-pura tidak kenal, hal ini malah membuat mereka senang memiliki bahan gosip yang baru. 

Selain itu untuk mengdapainya, Anda cukup beramah-tamah dengan menjawab pertanyaan secukupnya, menjawab sapa, atau memberikan senyum saja jika bertemu.

Jangan Biarkan Mereka Tahu Urusan Kita

Selalu ada saja hal yang dapat para tetangga jenis ini bicarakan, termasuk kehidupan tetangganya yang lain. Agar mereka tidak menjadikannya bahan bergosip, Anda mungkin perlu bersikap hati-hati ketika berada di luar rumah atau ketika berada di depan mereka. Berbicara secukupnya saja dan jangan perlihatkan atau libatkan mereka dalam urusan kehidupan Anda.

Jangan Membalas Omongan Mereka

Jika Anda mendengar ada tetangga yang membicarakan Anda, ada baiknya kita tidak perlu membalasnya dengan berbicara kasar atau membalikkan pembicaraan seputar kehidupan mereka. Sebaiknya diamkan saja, atau jika Anda ingin menjawab, cukup tegur secara halus dengan mengatakan, faktanya tidak seperti yang mereka bicarakan.

Tapi perlu diingat, Anda tidak perlu menjelaskan fakta lebih lanjutnya kepada mereka.

Tunjukkan Rasa Percaya Diri

Meskipun terkadang pembiacaraan mereka menyakiti hati kita, ada baiknya kita tidak perlu sedih berlarut-larut. Tetap dan tunjukkan rasa percaya diri, khususnya jika bertemu mereka. Dengan cara seperti ini, kemungkinan mereka akan segan pada Anda.

Tunjukkan Prestasi

Untuk membuktikan Anda tidak seperti yang mereka bicarakan, tunjukkan prestasi yang Anda miliki. Tunjukkan bahwa Anda lebih baik dari apa yang mreka bicarakan. Namun perlu diingat, cara menunjukkannya tidak perlu terlalu terlihat memaksakan, sebab nanti bisa saja menjadi bumerang untuk diri sendiri dan berujung menjadi bahan gosip oleh tetangga. 

Nah, itulah enam tips mudah menghadapi tetangga yang suka bergosip. Manakah yang pernah Anda lakukan? Jangan lupa share kepada tetangga lain yang wajib tahu informasi ini ya!

Jika tetangga jenis ini sudah mulai meresahkan dan mengganggu kehidupan Anda, segera lapor kepada pengurus RT setempat dengan menggunakan aplikasi RTPINTAR. Aplikasi ini akan memudahkan Anda membuat laporan secara real-time agar dapat segera ditangani oleh pengurus RT. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke rumah pengurus RT.

Yuk segera download RTPINTAR di Google Play Store atau App Store!

Image by Barbora Franzová from Pixabay

Author

Write A Comment