Memilih dan membeli rumah apalagi untuk yang pertama kalinya bagi pasangan muda bukanlah hal yang mudah, Perlu persiapan yang matang dan perlu dipikirkan dengan tepat, karena bagi sebagian orang rumah bisa jadi yang pertama dan selamanya untuk ditinggali.

Kali ini, RT PINTAR akan berbagi tips hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah agar tidak salah pilih. Simak tipsnya di bawah ini ya.

Persiapkan Budget yang Cukup untuk DP Rumah

Hal yang paling utama yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli rumah ialah budget. Pastikan Anda memiliki dana khusus untuk membeli rumah. Jika belum sanggup untuk membeli rumah secara full payment, alternatifnya adalah dengan cara memanfaatkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), jika mengambil langkah ini maka Anda wajib untuk membayar down payment atau DP. Besaran DP berbeda-beda tergantung pihak pengembang, biasanya mulai dari 10% hingga 20% ada juga yang bahkan 0 persen. Setelah mencari nominal DP yang sesuai dengan budget yang dimiliki, kemudian, pilihlah skema cicilan yang tepat yang cocok dengan kondisi keuangan Anda. Pada bagian ini, kecermatan dalam menghitung kalkulasi budget sangat diperlukan.

Cari Sendiri Lokasi Rumah

Biasanya, mencari rumah idaman bisa dibantu oleh seorang agen properti namun akan ada biaya ekstra yang dibayarkan ke agen tersebut. Nah, biar lebih hemat Anda lebih baik cari sendiri rumah idaman yang diinginkan. Memang lebih melelahkan, namun Anda bisa mengetahui kondisi sesungguhnya rumah tersebut dan memperkirakan berapa jarak tempuh yang diperlukan dari rumah hingga ke kantor misalnya.

Perhatikan Lokasi dan Akses Rumah

Seperti yang sudah disebutkan di poin kedua, pentingnya untuk mengetahui berapa jarak tempuh dari calon rumah yang akan ditinggali hingga ke tempat-tempat strategis seperti pusat kota,kantor, pasar, dan tempat umum lainnya. Jangan sampai rumah yang akan Anda tinggali memiliki akses yang sulit untuk dilalui dan tidak terjangkau kendaraan umum. Kemudian, sebisa mungkin pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota hingga memudahkan mobilitas Anda dari rumah ke berbagai tempat. 

Semoga tips di atas dapat membantu Anda sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli rumah. Pilihan rumah yang tepat akan berpengaruh pada kondisi Anda dan keluarga kedepannya. Oh iya, jika Anda terpilih sebagai ketua RT di sekitar lingkungan perumahan, jangan lupa pakai RT PINTAR karena banyak fitur yang bermanfaat untuk mendukung kegiatan administrasi RT, manajemen keuangan lingkungan perumahan, berbagi informasi sesama warga, dan masih banyak fitur lainnya.

Yuk download sekarang aplikasi RT PINTAR di Google Play Store dan RT PINTAR di App Store.

sumber gambar: Pexels from Pixabay

Author

Write A Comment