Indonesia mencatat jumlah penderita Covid-19 semakin meningkat belakangan ini. Tak sedikit orang terdekat kita, bahkan tetangga sangat mungkin terkena virus yang berbahaya ini. Lalu bagaimana kalau tetangga kena corona? Apa yang harus dilakukan?

Mendengar tetangga kena corona pastinya cukup mengagetkan. Hal ini membuktikan bahwa virus ini ternyata semakin dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Pastinya, bingung ya kalau ada tetangga yang terkena virus Covid-19. Namun, sebagai tetangga yang baik kita wajib memberikan dukungan kepada tetangga yang mengalami sakit ataupun musibah. 

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat mendengar dan melihat tetangga terjangkit virus corona. Salah satunya dengan memberikan perhatian yang tulus.

Tetap Tenang dan Patuhi Protokol Kesehatan (Prokes)

Hal yang paling utama saat mendengar tetangga terpapar virus corona adalah tetap tenang, tidak usah panik. Kepanikan malah bisa membuat imun badan Anda turun. 

Virus yang semakin dekat dengan lingkungan rumah harus membuat Anda semakin ketat dalam menerapkan protokol kesehatan dimanapun Anda berada. Selalu gunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak dari kerumunan saat di luar rumah.

Turut Membantu Pemenuhan Kebutuhan Tetangga yang Terkena Corona

Tidak seorangpun ingin sakit Covid-19. Oleh sebab itu, memberikan perhatian tulus dan dukungan kepada tetangga yang terkena covid-19 dapat membantu proses penyembuhan tetangga yang sakit, lho. 

Tak ada salahnya Anda bantu menyiapkan kebutuhan logistik seperti makanan dan minuman bagi tetangga yang melakukan isolasi mandiri. Anda juga dapat membantu mendistribusikan makanan dan minuman kepada warga lanjut usia di lingkungan sekitar yang sulit mendapat bahan pokok akibat PSBB. 

Namun ingat, tetap patuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas ini. Bahan makanan bisa Anda taruh di halaman rumah warga yang melakukan isolasi mandiri, tanpa harus berinteraksi fisik dengan tetangga yang sakit.

Saling Mengingatkan Warga untuk Mematuhi Protokol Kesehatan

Tetangga kena corona menjadi alarm bagi Anda untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Batasi diri untuk berinteraksi secara fisik dengan tetangga sekitar, contohnya bersalaman tangan.

Ingatkan warga yang lain untuk tetap menaati protokol kesehatan, terutama memakai masker dan menghindari kerumunan. Anda bisa lho melaporkan warga yang membandel mematuhi peraturan kepada Ketua RT/RW melalui fitur lapor di aplikasi RT Pintar. 

Tinggal klik tombol lapor di aplikasi, warga RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan bisa langsung melapor dan ditanggapi oleh pengurus RT/RW serta satuan pengaman di lingkungan Anda. Melalui fitur lapor ini, Anda juga bisa menginformasikan kepada Satgas Covid-19 yang ada di lingkungan Anda maupun pengurus RT/RW apabila ada warga yang positif Covid-19 dan membutuhkan pertolongan.

Aplikasi RT Pintar membuat komunikasi semakin aman dan mudah di masa pandemi Covid-19. Yuk, segera gunakan aplikasi RT Pintar untuk mengatur manajemen RT/ RW/paguyuban/cluster/perumahan Anda. Download aplikasinya di RTPINTAR Play Store dan RTPINTAR App Store.

sumber gambar: mohamed Hassan from Pixabay


Author

Write A Comment