Perlu diketahui bahwa sekarang layanan adminduk kini sudah dimudahkan dengan banyak hal, proses administrasi kependudukan juga minim prosedur. Seperti, pembuatan KTP-el dan Pindah Penduduk tidak diperlukannya lagi surat pengantar dari Ketu RT atau RW. Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa Ketua RT memiliki tugas yang penting bagi masyarakat, dalam video pendeknya yang di unggah oleh Prof Zudan Arif Fakrulloh .

Dalam video pendeknya yang berdurasi 2.47 menit dapat dilihat disini, Prof Zudan Arif Fakrulloh mendapat banyak pertanyaan terkait apa sih tugas dari seorang Ketua RT? Nah perlu diketahui nih ada tugas utama yang perlu anda ketahui, apa sih kira-kira tugas pentingnya? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Tugas Penting Ketua RT

Prof Zudan Arif Fakrulloh memaparkan tugas penting dari ketua RT. Ia menyebut kini tugas Ketua RT adalah melakukan pelaporan jika ada warganya yang meninggal dunia. Batas waktunya 30 hari setelah warga nya meninggal dunia. Ketua RT dapat melaporkannya kedinas dukcapil terdekat

Persyaratan Yang Harus Dilakukan

Adapun persyarat yang harus dilakukan Ketua RT Ketika melaporkan kedinas dukcapil terdekat, yaitu :

  1. Membawa Surat Keterangan Kematian (boleh dari desa/kelurahan/rumah sakit apabila meninggal dirumah sakit).
  2. Fotocopy KTP atau Kartu Keluarga (dari keluarga yang meninggal).

Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan mengapa Ketua RT bertugas melapor kedinas dukcapil jika ada warganya yang meninggal? Menurutnya, ada makna khusus dibalik tugas ini lho. Nah, filasofinya karena Ketua RT dekat dengan warganya, Warganya yang sedang berduka, Ketua RT dapat berempati, menolong, mengurangi kesusahan dengan mengurus akte kematiannya. Ia mengatakan hal ini sudah eksplisit di atur jelas dalam UU Nomor 24 Tahun 2013 tepatnya dalam Pasal 44.

Nah sekian nih info terkait tugas utama Ketua RT 2021 , semoga bermanfaat. Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment