Bisa dibilang tetangga adalah orang terdekat Anda di lingkungan tempat tinggal. Apabila sesuatu terjadi, pastinya tetangga yang akan menjadi garda terdepan Anda untuk dimintai pertolongan. 

Oleh karena itu sesama tetangga harus saling mengenal dan menjalin hubungan baik. Memiliki hubungan yang baik dengan tetangga yang tepat malah dapat menambah saudara dan membuat silaturahmi di lingkungan perumahan semakin hangat.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak 4 tips menjalin keakraban dengan tetangga biar makin akur di tahun 2021 berikut ini.Mulailah Bersikap Ramah dan Banyak Tersenyum

Mulailah Bersikap Ramah dan Banyak Tersenyum

Sikap yang ramah dan banyak tersenyum tentunya akan mengundang orang untuk datang berkenalan dan betah berlama-lama ngobrol dengan Anda. Terlebih apabila Anda adalah warga baru di suatu lingkungan rt/rw/paguyuban/cluster/perumahan.

Kalau memang belum pede untuk menyapa para tetangga, tersenyum saja sudah cukup. Senyum ini bermanfaat untuk meninggalkan kesan bahwa Anda adalah orang yang ramah dan tidak sombong. 

Menghadiri Acara atau kegiatan di Rt/ Rw/ Komunitas/ Cluster/ Perumahan Tempat Anda Tinggal

Cara yang paling ampuh dan disarankan untuk dicoba di tahun yang baru ini, cobalah untuk mulai berbaur dan menjalin komunikasi dengan tetangga di rt/rw/paguyuban/cluster/perumahan sekitar Anda adalah dengan menghadiri aneka kegiatan yang diadakan di lingkungan tempat Anda tinggal.

Dengan menghadiri acara rt/rw/paguyuban/cluster/perumahan, Anda bisa berkenalan dan berbincang dengan tetangga yang mungkin jarang Anda temui karena kesibukan kerja. 

Walaupun Anda orang yang pemalu dan susah memulai sebuah pokok pembicaraan, hadiri saja acaranya. Anda tidak perlu memulai sebuah obrolan terlebih dahulu karena ada banyak orang yang akan memulai obrolan di acara tersebut. Tidak salah bukan, mencoba kegiatan baru di 2021 ini?

Tidak Membuat Keributan di Wilayah Tempat Tinggal

Tetangga yang berisik itu sebenarnya tidak banyak disukai oleh tetangga lain. Terlebih apabila Anda tinggal di kota besar yang notabene saat orang-orang ini pulang ke rumah atau apartemen setelah lelah bekerja, yang dicari adalah ketenangan. 

Oleh karenanya, pastikan Anda menjaga ketenangan saat di rumah maupun di lingkungan apartemen. Contoh yang bisa Anda terapkan untuk menjalin keakraban dengan tetangga adalah tidak memutar lagu maupun peralatan musik keras-keras saat di malam hari ataupun pagi buta. 

Kalau memang terganggu dengan kegiatan tetangga yang suka ribut atau berisik, Anda bisa lho melaporkannya kepada Ketua RT atau RW menggunakan fitur LAPOR yang ada di aplikasi RTPintar. RTPintar memungkinkan laporan Anda segera ditindak lanjuti oleh pengurus. Aplikasi ini bisa Anda install di smartphone Anda melalui Playstore dan App Store.

Itu dia 3 tips menjalin keakraban dengan tetangga biar makin akur. Dijamin, Anda bakal disayang tetangga dengan menjaga ketenangan di lingkungan tempat tinggal.

Jadi warga dan pengurus zaman now, pake RTPintar!

sumber gambar: Free-Photos from Pixabay

Author

Write A Comment