Toleransi adalah salah satu sikap yang dibutuhkan dalam membangun kerukunan antar umat beragama maupun antar tetangga perumahan. Apabila seluruh warga menerapkan toleransi, niscaya kehidupan bermasyarakat akan senantiasa damai.

Lalu, bagaimana caranya membangun toleransi di lingkungan perumahan selama bulan ramadan? Terlebih area perumahan dihuni oleh berbagai warga dengan agama dan suku yang berbeda. Kita simak sama-sama yuk tiga tips menjaga toleransi selama bulan ramadan berikut ini.

Tidak Memutar Lagu dengan Keras saat Jam Ibadah

Saat ramadan umat muslim banyak yang menghabiskan waktu dengan beribadah di masjid, terutama setelah berbuka puasa. Mereka akan menjalankan sholat isya dan shalat tarawih secara bersama-sama atau berjamaah.

Nah, sebagai tetangga yang baik dan menjaga toleransi, akan sangat baik apabila saat umat muslim beribadah, Anda tidak memutar lagu dengan suara kencang sehingga bisa mengganggu jalannya ibadah. Namun, bukan berarti setelah ibadah shalat selesai Anda dapat memutar musik dengan kencang ya.

Hal ini dikarenakan mereka yang akan menjalankan ibadah puasa biasanya tidur lebih awal supaya nantinya bisa bangun untuk sahur. 

Membangunkan Tetangga saat Sahur

Bangun dini hari untuk bersantap sahur adalah hal yang biasanya paling susah dilakukan oleh umat muslim di kala ramadan. Banyaknya kesibukan, tubuh yang lelah, dan perubahan jam tidur adalah alasan utama kenapa kebiasaan bangun sahur ini agak sulit dilakukan. 

Nah, sebagai tetangga yang baik, boleh banget hukumnya membangunkan tetangga untuk sahur menggunakan telepon. 

Walaupun di zaman modern ini sudah banyak yang menggunakan jam weker atau alarm supaya bisa bangun pagi, bentuk perhatian dari tetangga di lingkungan perumahan untuk membangunkan sahur akan terasa lebih bermakna. 

Berkirim Makanan untuk Berbuka Puasa

Berhubung ramadan kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan tidak memungkinkan bagi banyak orang berbuka puasa bersama dalam jumlah banyak, ada baiknya sesama tetangga lingkungan perumahan berkirim makanan untuk berbuka puasa. 

Kerukunan dan saling menjaga toleransi antar warga itu sangat mudah sekali dicapai lho kalau antar tetangga saling berkirim makanan. Bahkan, saat hubungan antar tetangga sedikit tegang biasanya dapat mencair dengan mudah apabila mendapat hantaran makanan yang lezat.

Tak perlu makanan yang mahal dan mewah. Memberikan bingkisan makanan takjil atau puding untuk berbuka puasa sudah sangat berkesan bagi yang menerima. Biasanya, takjil yang disediakan di masjid saat bulan ramadan juga berdasarkan iuran masyarakat.

Nah, warga lingkungan perumahan bisa memantau dana iuran yang dipergunakan selama bulan Ramadan menggunakan aplikasi RT Pintar. Aplikasi ini dapat membantu pengelolaan manajemen RT/ RW/ Cluster/ Perumahan/ Apartemen supaya lebih rukun, aman, dan transparan.

Itu dia beberapa tips menjaga toleransi di lingkungan perumahan saat bulan Ramadan. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di lingkungan Anda. Download sekarang aplikasi RT Pintar App Store dan RT Pintar Google Play.

sumber gambar: Hai Nguyen Tien from Pixabay

Author

Write A Comment