BPJS Kesehatan merupakan jaminan sosial pemerintah yang tidak hanya mengurusi soal penyakit saja, namun juga memberikan layanan program Keluarga Berencana (KB) secara gratis. Adanya program keluarga berencana dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. Upaya tersebut mendorong masyarakat untuk merencanakan keluarga dengan lebih baik.

Saat ini, BPJS Kesehatan menyediakan dukungan pada program KB ini. Jadi, layanan kesehatan tidak hanya mengurusi terkait penyakit, imunitas dan skrining kesehatan melainkan memberikan layanan program KB secara gratis.

Layanan Keluarga Berencana yang ditanggung

Besaran tarif tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tentang Standar Tarif Pelayananan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.

  1. Tubektomi dan Vasektomi

Vasektomi dan tubektomi merupakan layanan KB yang dapat dilakukan untuk menghambat kehamilan. Vasektomi dilakukan dengan memutuskan saluran sperma pada alat reproduksi pria. Kemudian, Tubektomi dilakukan dengan memutuskan saluran indung telur agar sel telur tidak dapat mencapai dinding rahim. Biaya pelayanan Keluarga Berencana Metode Operasi Pria (KBMOP) atau vasektomi adalah sebesar Rp 370.000.

2. KB Spiral atau IUD

KB spiral atau intrauterine device (IUD) merupakan alat kontrasepsi dengan bentuk spiral atau seperti huruf T yang dimasukkan ke dalam rahim. BPJS Kesehatan menanggung biaya pemasangan KB spiral atau IUD sebesar Rp 105.000.

3. Pemasangan Alat Kontrasepsi dan konsultasi

Pemasangan alat kontrasepsi dan layanan kosultasi merupakan layanan KB yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan yaitu kontrasepsi IUD Nova T dan Copper T. Terkait dengan biaya pemasangan atau pencabutan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) sebesar Rp 105.000.

4. Suntik KB

Suntik KB dapat membantu mencegah kehamilan dengan penggunaan yang mudah, aman dan efektif. Biaya pelayanan suntuk KB yang ditanggung BPJS Kesehatan yaitu Rp 20.000 setiap kali suntik dan juga menanggung suntik KB dengan durasi suntik per 3 bulan sekali.

5. KB Implan

KB Implan merupakan pilihan alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan dengan bentuk seperti tabung plastik elastis dan berukuran kecil menyerupai batang korek api yang dimasukkan ke jaringan lemak pada lengan atas wanita. Pemasangan atau pencabutan KB implan yaitu Rp 105.000 yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Sekian informasi terkait Layanan Keluarga Berencana yang ditanggung BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment