Sertifikat Prakerja merupakan tanda bahwa peserta telah mengikuti pelatihan kerja. Agar bisa mendapatkan insentif dari kartu Prakerja maka peserta harus memiliki sertifikat pelatihan terlebih dahulu. Sertifikat Prakerja dapat diakses dan pada dasarnya akan muncul secara otomatis di halaman dashboard situs web Prakerja.go.id jika peserta telah menyelesaikan pelatihan dan telah divalidasi oleh pihak Manajemen Pelaksana Prakerja. Namun, bisa saja terdapat masalah pada sertifikat Prakerja yang tidak muncul pada dashboard karena beberapa faktor. Melansir kompas.com terdapat penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard dan alur sertifikat Prakerja serta cara mengatasinya, yuk simak artikelnya sampai habis!.

Penyebab Sertifikat tidak Muncul

  • Peserta belum menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dan dinyatakan lulus oleh lembaga penyedia pelatihan kerja
  • Apabila telah dinyatakan lulus, tapi sertifikat tidak juga muncul, hal ini dapat disebabkan juga karena lembaga pelatihan belum mengirimkan laporan penyelesaian pelatihan ke platform digital mitra Prakerja (Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, dan sebagainya)
  • Platform digital mitra Prakerja belum mengirim laporan dari lembaga pelatihan ke Manajemen Pelaksana Prakerja
  • Belum memberikan ulasan dan rating pada lembaga pelatihan kerja di halaman dashboard Prakerja
  • Terdapat perbedaan nama yang terdaftar pada akun lembaga pelatihan dengan akun Prakerja. Alhasil, sertifikat bisa tidak segera muncul di dashboard.

Alur Sertifikat Prakerja

  • Peserta telah menyelesaikan pelatihan kerja dari lembaga pelatihan dan dinyatakan lulus
  • Setelah itu, lembaga pelatihan akan menyerahkan laporan penyelesaian pelatihan ke pihak platform digital mitra seperti Bukalapak, Pintaria, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Kariermu
  • Laporan penyelesaian pelatihan akan dikirim platform digital ke pihak Manajemen Pelaksana Prakerja maksimal H+1 (hari kerja), setelah laporan diterima oleh platform digital dari lembaga pelatihan
  • Kemudian, laporan penyelesaian kerja yang diterima dari platform digital akan diproses oleh Manajemen Pelaksana Prakerja dalam waktu 7×24 jam hari kerja (10 hari)
  • Selesai diproses, sertifikat Prakerja bakal diberikan ke halaman dashboard peserta di situs web “Prakerja.go.id”.

Cara Mengatasi Sertifikat Prakerja tidak Muncul

  • Pastikan nama yang terdaftar pada akun lembaga pelatihan dan akun Prakerja, telah sesuai
  • Pastikan telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dari lembaga penyedia pelatihan
  • Bila telah menyelesaikan pelatihan, silakan masukkan ulasan dan rating pada lembaga pelatihan lewat menu “Pelatihanmu” pada dashboard Prakerja
  • Jika sertifikat belum muncul, coba hubungi Call Center platform digital mitra Prakerja untuk membantu memeriksa proses laporan penyelesaian pelatihan. Daftar Call Center mitra Prakerja bisa dicek di situs ini https://kelembagaan.kemnaker.go.id.

Dikutip dari laman resmi Prakerja, sertifikat Prakerja idealnya akan muncul paling lambat satu hari setelah Manajemen Pelaksana Prakerja menerima laporan penyelesaian pelatihan dari platform digital mitra Prakerja.

Nah sekian nih informasi terkait Sudah Ikut Pelatihan Prakerja Tapi Masih Belum Dapat Sertifikat. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga!

Author

Write A Comment